pengertian kerajinan, prakarya, dan kesenian

Add caption


1. Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata ' kerajinan' berasal dari kata 'rajin' yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan. Kerajinan terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat sesuatu.
Nilai - nilai yang dibutuhkan untuk membuat suatu kerajinan adalah memiliki kecakapan, keahlian, penguasaan dalam proses pembuatan produk, dan kreatifitas/imajinasi.
Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
1. Kerajinan bahan alam --> merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat alam ,bambu,rotan .


2. Kerajinan bahan buatan --> merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik,gips,sabun,lilin,dan lain lain.
Beda kerajinan dan pabrik :
- Kerajinan  : Dibuat dengan tangan
- Pabrik  : Dibuat dengan mesin
Jenis - jenis produk kerajinan yang berasal dari Indonesia "

Berikut adalah contoh kerajinan yang dibuat dengan tangan
- Rotan
Batik
Kayu
Logam
- Batu
- Tanah liat/keramik/gerabah
- Tenun serat/tekstil
Macam-macam seni kerajinan
1.  Seni kerajinan tangan
2. Seni kerajinan anyam
3. Seni kerajinan keramik
 
  2. Prakarya Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja.  prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Satu-satunya penggunanya mungkin si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang penting bentuk dasarnya saja. Harga sebuah prakarya ditentukan sangat subyektif sebab belum tahu potensi pasarnya. Prakarya memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.

3. Kesenian
 Kesenian merupakan salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya, mitos berguna dalam menentukan norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai-nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian dapat berguna untuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Berikut pengertian kesenian menurut para ahli :

  • Kottak
  • seni sebagai hasil ekspresi, kualitas, atau alam keindahan atau segala hal yang dapat melebihi keasliannya dan klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis. 
  • Kuntjaraningrat
  • Kesenian ialah kompleks dari berbagai ide-ide, norma-norma, gagasan, nilai-nilai, serta peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan tersebut berpola dari manusia itu sendiri dan pada umumnya berwujud berbagai benda-benda hasil ciptaan manusia.
  • William A. Haviland
  • Kesenian merupakan keseluruhan sistem yang dapat melibatkan proses penggunaan dari imajinasi manusia secara kreatif pada kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaan tertentu.
  • J.J Hogman
  • Kesenian merupakan sesuatu yang memiliki beberapa unsur diantaranya unsur ideas, activities, serta artifacts.
  • Irving Stone
  • Kesenian merupakan sebuah kebutuhan pokok. Seperti halnya roti atau mantel hangat yang digunakan pada musim dingin. Mereka mengira bahwa kesenian merupakan barang mewah, pikirannya tidak utuh. Menurut Irving Stone, Roh manusia akan menjadi lapar akan kesenian seperti pada saat perut yang keroncongan minta makan.
               Berdasarkan penelitian oleh para ahli, seni sudah ada di dunia sejak kurang lebih sekitar 60.000 tahun lalu. Buktinya terdapat pada dinding-dinding gua di negara Prancis bagian Selatan. Yaitu berupa lukisan torehan-torehan pada dinding yang menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan pada zaman manusia purba. Artefak ini mirip lukisan modern yang kaya akan ekspresi. Hal ini dapat di lihat dari kebebasan dalam merubah bentuk. 
     
    Satu hal lagi yang merupakan perbedaan karya seni manusia purba dengan modern yaitu terletak pada tujuan penciptaan seni tersebut. Manusia purba membentuk karya seni atau penanda kebudayaan yang sangat dipengaruhi kekuatan-kekuatan yang ada di sekitarnya. Sedangkan karya seni manusia modern membentuk karya seni yang digunakan hanya untuk kepuasan pribadi serta menggambarkan kondisi di lingkungannya. Dengan kata lain, manusia modern merupakan sosok yang mempunyai keinginan untuk menemukan hal-hal baru serta memiliki cakrawala berpikir yang lebih luas dibandingkan dengan manusia purba.
    Hasil gambar untuk kerajinan dan kesenianHasil gambar untuk kerajinan dan kesenian
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEim6YmOsQ6qQk1zlLEvcBsBsJXHdC5qo4WsCgXcGRecfgVBs1UUBnAQ26FzF_AhFca4MwwmpptZ5BVgX5ZN06R4O-IfqHq_7auI_ZSX4CHi4T1DfjZaLX_aoCgLMUuXAb5o84aTiwfCKiRv/s1600/Lukisan+Dinding+Goa+di+Prancis.jpg

    Komentar

    Posting Komentar